YouTube Akan Menghapus Iklan Overlay Di Desktop Mulai 6 April 2023, Jadi Apa Gunanya Pengguna?

Jakarta – YouTube memastikan akan menghapus iklan over the top mulai 6 April 2023. Jenis iklan ini biasanya ditampilkan di atas video di bagian bawah layar.

Beberapa pengguna YouTube mungkin melihat iklan ini di desktop YouTube, mengganggu pengguna saat menonton acara. Oleh karena itu, konten tersebut telah dihapus untuk membantu meningkatkan pengalaman pemirsa.

Menurut touchnottingham.com Posting forum Bantuan YouTube mencatat bahwa meskipun iklan dihapus, YouTube akan mengalihkan interaksi ke format iklan berperforma tinggi lainnya, baik di desktop atau seluler.

Platform streaming video juga telah menyatakan bahwa tidak akan ada perubahan pada format iklan YouTube lainnya, keputusan diambil sebagai langkah untuk memperbaiki format iklan.

Dengan demikian, dampak pada sebagian besar konten kreator YouTube diharapkan terbatas dan moderat karena jenis iklan lainnya tidak akan hilang sepenuhnya.

Setelah menyatakan iklan overlay akan diganti dengan jenis iklan lain, YouTube tidak merinci lebih lanjut jenis iklan apa yang akan diganti.

Namun, Anda dapat mengharapkan YouTube untuk lebih fokus pada iklan yang muncul di awal, tengah, dan akhir video Anda.

Di sisi lain, iklan overlay tidak tersedia bahkan dalam format yang tersedia di YouTube Studio.

Seperti dilansir GSMArena (3 Oktober 2023), iklan overlay sebelumnya ditampilkan di perangkat seluler. Namun, iklan ini sudah lama dihapus dan tidak ada yang keberatan dengan penghapusannya.

Sebelum perbaikan dilakukan dalam beberapa bulan ke depan, YouTube akan menonaktifkan fitur kirim dan komentar di forum Bantuan YouTube. Fitur ini masuk ke mode read-only awal bulan ini.

Perubahan ini dilakukan karena banyak utas yang tidak pantas untuk didiskusikan oleh pengguna dan meninggalkan banyak pertanyaan yang tidak terjawab.

Baca Juga  Kabar Gembira: Lowongan Kerja Sukabumi Hari Ini yang Wajib Dicoba

Oleh karena itu, YouTube akan menggunakan periode pengoptimalan dan eksperimen ini untuk menginformasikan rencana jangka panjangnya. Selain itu, platform ingin menjadikan forum sebagai ruang yang bermanfaat bagi semua pengguna.

Sementara itu, YouTube mengumumkan bahwa mulai 1 Februari, pembuat konten dapat memperoleh pendapatan iklan dari film pendek.

Sebelumnya, opsi monetisasi film pendek dengan iklan disebut-sebut akan berlaku di YouTube pada September 2022.

Dikutip oleh The Verge, Selasa (1 Oktober 2023), perubahan ini hadir sebagai bagian dari pembaruan yang lebih luas untuk Program Mitra YouTube, juga dikenal sebagai Program Mitra YouTube. Program ini mengharuskan semua anggota untuk menyetujui ketentuan kontrak baru, terlepas dari apakah mereka ingin menghasilkan uang melalui short selling.

Pembuat film pendek saat ini dapat menghasilkan uang dengan fitur seperti Super Chat dan integrasi Shopping dan perusahaan menghemat uang produsen, untuk sementara, dalam format yang akan diluncurkan pada tahun 2021. Namun, model ini tidak seberapa jika dibandingkan dengan sistem monetisasi TikTok.

Related Posts