Satu Fitur Akun WhatsApp Bisa Dicoba Di 4 Smartphone Sekaligus

Jakarta – WhatsApp memperluas kemampuan fitur Companion Mode pada aplikasi versi beta untuk perangkat Android. Sebelumnya hanya mendukung tablet Android, namun kini fitur ini memungkinkan pengguna menautkan akun WhatsApp mereka ke smartphone Android lainnya.

Dikutip WABetaInfo, Selasa (15/11/2022), fitur ini bisa diakses (versi trial) oleh beberapa pengguna WhatsApp beta untuk Android versi 2.22.24.18. Sebagai referensi, mode pendamping dikatakan sebagai perpanjangan dari fungsi multi-perangkat yang ada.

Sebelumnya, fitur multi-perangkat hanya memungkinkan pengguna menautkan akun mereka hingga empat perangkat berbeda. Namun, fitur ini hanya mendukung perangkat non-mobile seperti PC atau web.

Sementara itu, Mode Pendamping mendukung kemampuan untuk menggunakan satu akun di beberapa perangkat seluler seperti smartphone atau tablet Android. Namun, masih belum diketahui berapa banyak perangkat yang dapat mendukung fitur baru WhatsApp ini.

Dilihat dari kemampuan yang ditawarkan multi-perangkat yang mendukung hingga 4 perangkat, mode pendamping bisa jadi memiliki kemampuan serupa. Jadi pengguna bisa menggunakan satu akun WhatsApp di 4 smartphone sekaligus.

Ini sudah dalam versi beta, tetapi tidak jelas kapan fitur ini akan tersedia untuk masyarakat umum. Namun, fitur tersebut masih akan mendukung enkripsi end-to-end baik untuk SMS atau panggilan suara.

Menautkan akun WhatsApp Anda ke perangkat lain sangat mudah sesuai dengan informasi yang diunggah. Pengguna hanya perlu memindai kode QR yang ditampilkan di opsi koneksi perangkat jika ingin masuk ke aplikasi obrolan ini dari smartphone lain.

Sebelumnya, WhatsApp memperkenalkan fitur komunitas ke layanan perpesanannya yang diluncurkan awal tahun ini.

Fitur baru WhatsApp ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengelola semua grup yang terhubung satu sama lain dan membuat subgrup untuk berbagai topik.

Baca Juga  Garena Free Fire Menghadirkan Beragam Konten Baru Untuk Merayakan Booyah Day 2022

Komunitas seperti tetangga dan kolega kini dapat menautkan beberapa grup bersama di bawah satu payung untuk mengelola percakapan grup di WhatsApp.

Dengan masuk ke komunitas, pengguna dapat dengan mudah beralih antar grup untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan saat dibutuhkan.

Admin grup juga dapat mengirimkan pembaruan atau pembaruan penting kepada semua orang di komunitas.

Perusahaan mengonfirmasi bahwa obrolan di komunitas WhatsApp masih memiliki enkripsi end-to-end yang sudah ada di aplikasi Meta.

“Ada 12 komunitas di Indonesia yang berkesempatan menjajal fitur komunitas selama beberapa bulan terakhir,” kata Esther Sambuh, Direktur Kebijakan Publik Indonesia untuk WhatsApp, dalam sebuah pernyataan.

Komunitas tersebut antara lain Jump Delicious, komunitas pecinta kuliner populer, dan komunitas Play: On Indonesia, komunitas pecinta Mini 4WD.

“Kami berharap fitur komunitas WhatsApp akan membantu lebih banyak grup di Indonesia mengelola anggotanya di WhatsApp dengan lebih baik,” ujar Esther.

Selain meluncurkan komunitas, WhatsApp memperkenalkan sejumlah fitur baru yang diklaim dapat meningkatkan komunikasi sehari-hari pengguna.

Dalam pembaruan WhatsApp ini, perusahaan memperkenalkan fitur yang memungkinkan pengguna membuat suara dalam grup hingga 1024 pengguna dan obrolan serta panggilan video hingga 32 orang.

Seperti reaksi emoji, berbagi file besar, dan penghapusan pengelola pesan, fitur ini berfungsi untuk semua grup, tetapi sangat berguna untuk komunitas.

Info, fitur baru ini tidak akan dibagikan secara merata ke semua pengguna WhatsApp di Android dan iOS. Rencana pembaruan WhatsApp ini akan mulai diluncurkan secara bertahap ke semua pengguna.

Pengguna dapat membuat hingga 10 subgrup, dan setiap subgrup dapat memiliki hingga 512 anggota.

Saat komunitas WhatsApp dibuat, grup dibuat secara otomatis di bawahnya. Misalnya, pengguna WhatsApp dapat membuat komunitas untuk sekolah dengan subgrup untuk setiap kelas atau kegiatan ekstrakurikuler.

Baca Juga  PUBG Mobile Secara Permanen Melarang 46000 Akun Yang Menggunakan Cheat

Admin atau admin dapat menargetkan pengguna atau grup tertentu dengan mengirimkan iklan ke seluruh grup.

Anggota komunitas juga dapat memutuskan untuk bergabung dengan subkelompok berdasarkan minat mereka. Anda juga dapat keluar dari subgrup kapan pun Anda mau tanpa meninggalkan komunitas itu sendiri.

Komunitas WhatsApp juga memungkinkan pengguna memblokir orang tertentu, melaporkan penyalahgunaan, dan fitur lainnya.

Komunitas juga dapat berfungsi sebagai obrolan biasa, dan obrolan dienkripsi secara end-to-end.

Red more:

Related Posts