Perkembangan ebisnis di Era Globalisai

Sekarang ini kemajuan teknologi komunikasi dan informasi sudah membawa dampak yang besar di dalam berbagai aspek kehidupan terutama dalam dunia bisnis yakni ebisnis. Lalu, bagaimana perkembangan ebisnis di Indonesia?

Ebisnis adalah sekumpulan teknologi, aplikasi, serta bisnis yang menghubungkan perseorangan dan perseorangan untuk melakukan transaksi elektronik dan pertukaran informasi melalui internet.

Ingin tahu lebih banyak tentang perkembangan dari ebisnis? Tak perlu bingung, cek pembahasan lengkapnya melalui tulisan di bawah ini.

Perkembangan ebisnis di Indonesia

Tahun 1970-an, aplikasi ebisnis pertama kali dikembangkan dan dipakai sebagai transaksi pembayaran lewat internet yang disebut dengan electronic fund transfer atau bagian keuangan.

Dalam perkembangan selanjutnya, ditemukan electronic data interchange yang dipakai untuk mentransfer data secara rutin seperti dokumen-dokumen hingga transaksi keuangan.

Tahun 1990 dimana teknologi semaki maju karena tak hanya tampilkan data saja melainkan telah mampu tampilkan data gambar, animasi, bahkan, bahkan video.

Tahun 2000-an, perkembangan dari ebisnis semakin pesat dimana banyak sekali perusahaan di Eropa, Amerika, Asia termasuk Indonesia telah beralih dalam konsep memasarkan produk atau jasa melalui internet.

Di dalam dunia bisnis, sekarang ini memiliki satu konsep yakni ebisnis. Ebisnis merupakan praktek pelaksanaan serta pengelolaan proses bisnis seperti pengelolaan pasokan bahan baku, perancangan produk, penjualan.

Tak hanya itu, ebisnis juga memungkinkan untuk melakukan pemenuhan pesanan, penyediaan servis melalui pemanfaatan teknologi komunikasi, data, dan komputer yang telah terkomputerisasi.

Di Indonesia seperti halnya pada belahan dunia lainnya, berubahnya cara berbisnis telah menjadi trend. Sekarang ini, dunia perdagangan khususnya di Indonesia tak lagi dibatasi dengan ruang dan waktu.

Dengan teknologi yang semakin berkembang dan kebutuhan orang semakin tinggi maka menuntut dunia perdagangan bisa menyediakan layanan barang dan jasa dengan instan sesuai dengan permintaan konsumen.

Baca Juga  Tabel Shio 2023 Mempunyai Unsur Apa? Cek Jawabannya Disini

Untuk mengatasi masalah tersebut maka sekarang ini muncul transaksi yang memakai media internet untuk hubungkan dengan mudah antara produsen dan konsumen yang disebut dengan ebisnis.

Demikian perkembangan ebisnis di era globalisasi. Semoga informasi tentang perkembangan dari ebisnis diatas bermanfaat.

Related Posts