Desa Wisata Kasongan – Wisata Seru yang Wajib Dikunjungi!

Desa Wisata Kasongan - Wisata Seru yang Wajib Dikunjungi!

Cerita di Balik Keunikan Desa Wisata Kasongan

Kalau kamu lagi cari tempat wisata yang beda dari biasanya di Jogja, mampirlah ke Desa Wisata Kasongan! Desa ini terkenal sebagai pusat kerajinan gerabah dan batik. Sejak lama, Kasongan dikenal sebagai sentra kerajinan gerabah yang berkualitas di Jogja. Semua produk kerajinan dari Kasongan ini unik dan berbeda dari yang lain.

Desa Wisata Kasongan berlokasi di Kabupaten Bantul, Jogja. Di sana kamu bisa melihat langsung proses pembuatan kerajinan gerabah. Mulai dari membuat adonan tanah liat, membentuk sampai mengecat, semua proses bisa kamu saksikan langsung.

Tak hanya itu, kamu juga bisa mencoba membuat kerajinan gerabah sendiri. Seru banget kan! Selain kerajinan gerabah, kamu juga bisa belajar membuat batik. Di Desa Kasongan, kamu bisa menikmati sensasi jadi pengrajin batik.

Kamu bisa memilih motif batik yang diinginkan dan memasukkannya ke dalam kain. Setelah itu, kamu akan belajar membuat lilin malam yang akan digunakan untuk menutupi bagian yang tidak ingin diwarnai.

Proses mengecat juga bisa kamu saksikan langsung. Tak hanya kerajinan gerabah dan batik, di Desa Kasongan kamu juga bisa menikmati wisata kuliner. Ada banyak warung makan yang menyajikan menu lezat khas Jogja.

Kamu bisa mencicipi sate klathak, gudeg, dan nasi kucing yang terkenal di Jogja. Tak hanya itu, di Desa Kasongan juga terdapat banyak penginapan yang nyaman dan murah. Kamu bisa merasakan sensasi menginap di desa yang tenang dan damai. Ada banyak penginapan yang menawarkan fasilitas lengkap seperti kolam renang, taman, dan akses ke lokasi wisata.

Sejarah desa wisata Kasungan diawali dengan matinya seekor kuda milik seorang penjelajah Belanda di sebuah kota persawahan di selatan Yogyakarta. Zamindar berhasil melepaskan kepemilikan atas tanahnya karena takut akan hukuman dari Belanda yang berkuasa saat itu dan penduduk lain yang takut akan hukuman mengikutinya.

Baca Juga  Mengenal Manfaat Mendaki Gunung dari Segi Fisik dan Mental

Sebagian besar sawah hilang ke penduduk desa lainnya. Seorang warga Paddy yang tidak memiliki tanah akhirnya memulai proyek baru di dekat rumahnya yang melibatkan pembuatan tanah cincang menjadi peralatan dapur dan mainan. Seiring berjalannya waktu, gerabah buatan tangan yang biasa dikenal dengan tembikar atau tembikar semakin beragam sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pasar.

Kerajinan gerabah bukan satu-satunya kerajinan yang ada di desa Kasongan, kini masyarakat Kasongan menggunakan bahan lain untuk membuat pakaian, seperti sabut kelapa, bambu, kayu, kayu dan lain-lain banyak terdapat di daerah tersebut. Harganya mahal. Seni membuat gerabah yang diwariskan secara turun temurun membuat desa Kasungan menjadi desa wisata yang populer di Kabupaten Bantul.

Promo Seru dari Goajomblang.com

Nah, kalau kamu tertarik untuk mengunjungi Desa Wisata Kasongan dan menikmati keunikan serta kelezatan di sana, jangan lupa untuk mempercayakan perjalananmu pada Goajomblang.com.

Goajomblang.com adalah penyedia tour ke Goa Jomblang terpercaya dan profesional. Goa Jomblang juga menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Jogja. Di sana kamu bisa menikmati keindahan alam yang menakjubkan. Goa ini terkenal dengan keindahan stalaktit dan stalakmitnya yang luar biasa.

Kamu juga bisa menikmati sensasi menuruni tebing curam dan masuk ke dalam lubang gua yang sangat gelap. Kamu tidak perlu khawatir saat mempercayakan perjalananmu pada Goajomblang.com.

Mereka sudah berpengalaman dalam menyediakan Jomblang cave Tour dan sudah memiliki banyak testimonial positif dari para pelanggannya. Jadi, tunggu apa lagi? Segera plan liburanmu ke Desa Wisata Kasongan dan Goa Jomblang bersama Goajomblang.com. Pasti seru dan menyenangkan!

Related Posts