Cara Melihat Draft Di Instagram Dan Cara Menghapusnya Sangat Mudah!

Instagram atau IG yang biasa disebut IG memiliki fitur draft untuk penggunanya. Fungsinya untuk menyimpan konten reel dan story yang sudah diedit tapi belum siap untuk diunduh.

Fitur Draf IG ini sangat berguna ketika Anda ingin menyimpan konten yang setengah diedit agar tidak mengulanginya dari awal dan melanjutkan pengeditan nanti. Namun, beberapa orang masih kesulitan menemukan fitur ini. Jadi bagaimana cara melihat atau menghapus draft IG? Mari kita lihat langkah-langkah selanjutnya.

Apa itu Draf Instagram?

Instagram Drafts adalah fitur yang memungkinkan Anda menyimpan postingan yang telah Anda edit tetapi belum ingin Anda unggah.

Anda dapat menambahkan filter atau suara dengan mengedit foto, video, gulungan, cerita, dan banyak hal lain yang Anda unggah ke Instagram. Nah, jika Anda masih belum yakin dengan editan pertama, Anda bisa menekan tombol kembali agar postingan masuk ke dalam draft.

Jadi cara draf IG ini sangat memudahkan agar postingan kamu tidak langsung terhapus dan kamu tidak perlu mengeditnya terlebih dahulu saat inspirasi datang.

Bagaimana cara menyimpan draf di Instagram

1. Setelah mengedit foto atau video, Anda dapat menyimpannya sementara dan mengunggahnya kapan saja.

2. Pilih ikon + (plus) di bagian atas Instagram

3. Ambil foto atau unggah video dan klik Berikutnya di sudut kanan atas.

4. Tambahkan filter, efek, keterangan, atau posisi ke file.

5. Kembali ke langkah pengeditan, masukkan filter terlebih dahulu, lalu sentuh tombol < (kembali) di pojok kiri atas.

6. Pilih Simpan Draf.

Baca Juga:

Cara melihat draf di Instagram

Ini sudah menjadi fitur bawaan, tetapi draf Instagram ini mungkin tidak terlihat oleh sebagian orang. Nah, berikut ini cara melihat dan menghapus draft Instagram.

Baca Juga  Aplikasi Baca Novel Gratis Bahasa Indonesia

1. Pilih menu Bagikan

Langkah pertama adalah membuka aplikasi Instagram terlebih dahulu. Kemudian pilih menu Post to Instagram atau tap ikon plus (+).

Di menu ini, Anda dapat memilih untuk melihat draft Instagram tergantung pada jenis posting di tab Posts, atau memilih opsi Stories untuk melihat draft Instagram Stories. Lakukan hal yang sama untuk melihat draft Reel Instagram.

2. Pilih tab Draf.

Saat Anda membuka kembali Instagram, Anda akan melihat beberapa foto terakhir dari galeri Anda untuk diunggah. Untuk mengakses posting yang telah diedit sebelumnya, klik tab Draf di kanan atas.

Jika Anda tidak melihatnya, itu berarti Anda tidak memiliki draf foto atau video yang disimpan.

3. Pilih menu Admin

Pilih tab Draf dan beberapa draf foto atau video akan muncul di layar Instagram Anda. Anda dapat memilih salah satu draf foto atau video dan mengeditnya kembali.

4. Konsep Instagram

Instagram memberlakukan masa retensi kurang lebih 7 hari untuk setiap postingan. Setelah waktu ini, Instagram akan secara otomatis menghapus draf yang Anda buat.

Nah, jika Anda tidak ingin memperbesar ukuran cache Instagram di ponsel Anda, hapus draf yang tidak digunakan secara manual. Jika Anda memiliki banyak gambar, Anda dapat memilih kolase dengan terlebih dahulu mengklik tombol multi-pilih di sudut kanan atas. Kemudian pilih foto yang ingin Anda hapus sekaligus.

Draf yang disimpan di Instagram hanya dapat dilihat oleh Anda. Nah, ini dia cara melihat draft IG dan cara menghapus draft Instagram yang perlu kamu ketahui. Sangat mudah bukan?

Related Posts